Kitab Syarah Uqudul lujain


Kitab Syarah Uqudul lujain adalah salah satu kitab yang membahas tentang fan ilmu rumah tangga sakinah, mawaddah warrohmah, kitab Kitab Syarah Uqudullujain atau sering disebut dengan Kitab Uqudullijen ini di karang oleh Syeh muhammad nawawi al-bantani.

Syarah Uqudul lujain
Muhaqqoqoh, kertas kuning. Kitab Syarah Uqudullujain ini adalah kitab tentang pernikahan yang sangat populer didunia pesantren. syeh muhammad al-bantani ( w. 1314 H) atas saran rekan sejawatnya membuatkan syarah atas risalah yang berkenaan dengan relasi pasangan suami istri. beliau dalam syarahnya mengulas kehidupan berumah tangga, pembagian tugas antar suami dan isrti dan keutamaan dalam berkeluarga.

Kitab ini terdiri dari empat pasal antar lain: hak istri atas suami, hak suami atas istri, keutamaan solat dirumah bagi perempuan dan keharaman pandangan antara laki-laki dan perempuan non mahrom. keempat topik utama ini dikembangkan dengan megutip ayat al-qur'an, hadist nabi saw dan juga cerita-cerita yang berkaitan dengan topik yang di bahas.

dalam memahami dan mambaca kitab ini. seyogyanya mamahami situasi patriakhi pada saat buku ini ditulis. domain perempuan saat itu adalah dirumah saja. karena itu peran aktif perempuan dalam membina keluarga sebagai ibu dan pendidik bagi keluarga tida banyak di ulas sebanyak ulasan posisi perempuan sebagai istri yang mematuhi suaminya.

Harga Kitab Syarah Uqudul lujain

17 cm x 24 cm; 40 hlm
Ghilaf : Rp. 11.000
ISBN : 978-979-3154-50-3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kitab Syarah Uqudul lujain"

Post a Comment

Monggo Di Komentari