Kitab Syarah 'Imrithi


Kitab Syarah 'Imrithi adalah salah satu kitab yang membahas tentang fan ilmu nahwu menengah diatas muhtashoro jiddan. Kitab Syarah 'Imrithi ini dikarang oleh Syeh ibrohim al-baijuri
Syarah 'Imrithi

Muhaqqoqoh, kertas kuning, Syeh yahya ibnu nuruddin, syarifuddin al-'imrith ( w. 989 H.) menggubah teks matan al-jurumiyah menjadi untaian bait nadzom. gubahan ini bertujuan agar pembaca mudah menghafalkan kaidah tata bahasa arab secara cepat. mandzumah ini dikenal dengan nama kitab ad-durroh al-bahiyah nadzom al-jurumiyyah, atau sering dsebut dengan kitab durrotul bahiyyah.

Selanjutnya syeh ibrohim ibnu muhammad al-baijuri ( w. 1277 H.) menulis penjelasan teks-teks nadzom I'mrithi tersebut hingga selesai pada tahun 1229 H. tulisan itu beliau namakan kitab fatkhurrobbil bahiyah.

Sebagai kitab tata bahasa arab tentu saja syeh al-baijuri tidak sekedar memberi penjelasan, namun beliau juga memberikan contoh kata atau kalimat yang berkaitan dengan pembahasan. kitab ini dimulai dengn uraian bab al-kalam dan ditutup dengan pembahasan bab al-idlofah.

Harga Kitab Syarah 'Imrithi

17 cm x 24 cm; 104 hlm
Ghilaf  : Rp. 18.000
ISBN : 978-979-3154-53-4

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kitab Syarah 'Imrithi"

  1. Urutan kitabnya apa aja sih kl kita mau mempelajari nahwu? Ato kitab2 itu bisa dipelajari bersama

    ReplyDelete
  2. Tidak bisa secara bersamaan mas katalog ada kelas-kelasnya agar bisa linear dan mudah. Di pesantren beda-beda, jika saya dulu pertama jurumiyah untuk syarahnya menggunakan muhtasoro jiddan kemudian dzurrotul yatimah di lanjutkan kitab imrithi dan kemudian kitab alfiyah syarahnya menggunakan ibnu aqil.

    ReplyDelete

Monggo Di Komentari