Kitab Al-arbain fi ushuluddin


Kitab Al-arbain fi ushuluddin adalah salah satu kitab yang membahas tentang tasawwuf yang di ramu dengan ilmu-ilmu tauhid serta fikih karangan imam al-ghozali.
Al-arbain fi ushuluddin

Muhaqqoqoh, Kertas putih. Imam al-ghozali ( w. 505 H.) dalam kitab ini mnjelaskan 40 prinsip agama tentang penyucian rohani, yang dibagi dalam empat bagian. Pertama : 10 Prinsip agama tentang teologis antara lain : Dzat (esensi), taqdits (sanktifikasi), qudrat (kuasa), ilmu ( pengetahuan), irodah (kehendak), sama' dan bashor (mendengar dan melihat) kalam (firman), af'al (perbuatan) yaumul akhir (eskatologi), nubuwwah (kenabian)

Kedua: 10 Prinsip aktifitas lahiriyyah antar lain: solat, zakat dan sedekah, puasa, hajji, qirot al-qur'an, dzikrullah, mencari rizki halal, menunaikan hak ummat islam dan bergaul, amar ma'ruf bahi munkar, mengikuti sunnah.

Ketiga : 10 Prinsip dalam upaya pembersihan hatindari ahlak tercela, antara lain : sering makan, banyak bicara, marah, dengki, pelit dan cinta harta, ambisius dan cinta pangkat, cinta dunia, sombong, ujub, riya'.

Keempat : 10 Prinsip ahlak terpuji, antara lain : Taubat, khouf, zuhud, sabar, syukur, ikhlas dan jujur, tawakkal, mahabbah, ridlo dengan qodlo', mengingat mati. Setiap bagian ditutup dengan khotimah mengenai tema-tema tersebut.

Harga Kitab Al-arbain fi ushuluddin

17 cm x  24 cm; 176 hlm
Ghilaf : Rp. 31.600
ISBN : 978-602-8957-74-8

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kitab Al-arbain fi ushuluddin"

Post a Comment

Monggo Di Komentari