Kitab Fatkhul Kabir al-latif


Kitab Fatkhul Kabir al-latif adalah salah satu kitab yang membahas tentang fan ilmu shorof yaitu pasangan dari kitab shorof yang dikarang oleh Syeh ibrohim al-baijuri
Kitab Fatkhul Kabir

Muhaqqoqoh, kertas kuning. Syeh Ibrohim al-baijuri ( w. 1277 H.) telah menulis penjelasan ( syarah) atas kitab morfologi dalam bahasa arab, yakni at-tasyrif karya syeh abdurrahman al-mursyidi ( w. 1037 H.), sebuah kitab ilmu shorof yang disusun berbentuk nadzom sebanyak dengan 500 bait lebih.

Dalam penjelasannya, syeh Ibrohim al-baijuri memberikan uraian terperinci atas teks-teks dalam menzdumah tersebut. contoh-contoh perubahan bentuk kata diberikan oleh beliau pada saat menjelaskan tema-tema tertentu. dalam kitab ini dibahas devisini kata kerja (fi'il) dan bentuknya stulasi mujarrod, ruba'i mujarrod, tsulasi mazid, ruba'i mazid, fi'il madli mabni lil fa'il dan lil maf'ul, fi'il mudlori' mabni lil fa'il, lil maf'ul, al-amru bis shighot, nun taukid, bentuk muta'adi dan lazim, isim fa'il dan maf'ul, mudlo'af, mu'tal, mahmuz, isim zaman dan makan, masdar dan terahir membahas marroh dan hai'ah.


Kitab Fatkhul Kabir al-latif

Harga 17 cm x 24 cm; 168 hlm
Kartoon : Rp. 41.600
ISBN : 978-602-8957-36-6
gHILAF : rP. 32.200
isbn : 978-602-8957-92-2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kitab Fatkhul Kabir al-latif"

Post a Comment

Monggo Di Komentari